Detail...
  • Pengunjung (31897 Kunjungan)
  • Hits (31897 Kunjungan)
  • Hari Ini (9 Kunjungan)
  • Kemarin (53 Kunjungan)

Mengenal Jabatan Aparatur Sipil Negara




PENDAHULUAN

Aparatur sipil negara (ASN) adalah profesi bagi pegawai negri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi pemerintah.pegawai ASN diserahi tugas untuk melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan.tugas pelayanan publik di lakukan dengan meberikan pelayanan atas barang, jasa, dan pelayanan administratif yang di sediakan pegawai ASN.

Tugas pemerintah di laksanakan dalam rangka penyelenggaraan fungsi umum pemerintahan yang meliputi pendayagunaan kelembagaan, kepegawaia, dan ketatalaksanaan.tugas pembangunan di lakukan melalui pembangunan bangsa (cultural and political development) serta melakukan pembangunan ekonomi dan sosial (economic and social development) yang di arah kan pada peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

ASN terdiri dari jabatan administrasi, jabatan fungsional, dan jabatan pimpinan tinggi. jabatan administrasi adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan. Jabatan fungsional adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu. Jabatan pimpinan tinggi adalah sekelompok jabatan tinggi pada instansi pemerintah. Jabatan Administrasi terdiri atas 3 ( tiga ) jabatan, yaitu; (1) Jabatan Administrator; (2) Jabatan Pengawas; (3) Jabatan Pelaksana . Jabatan Fungsional terdiri atas dua jabatan, yaitu; (1) Jabatan Fungsional Keahlian (Utama,Madya,Muda,Pertama); (2) Jabatan Fungsional keterampilan ( Penyelia,Mahir,Terampil,Pemula). Jabatan Pimpinan tinggi terdiri atas 3 jabatan , yaitu; (1) Jabatan pimpina tinggi utama;(2) Jabatan pimpinan tinggi madya;(3) Jabtaan pimpinan tinggi pratama.

JABATAN ADMINISTRASI

Jabatan administrasi adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan publikserta administrasi pemerintahan dan pembangunan. Jabatan administrasi terdiri atas 3 tingkatan jabatan, yaitu; (a) jabatan administrator sebagai pengganti dari jabatan eselon III pns. Jabatan administrator bertanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrai pemerintahan dan pembangunan;(b) jabtan pengawas sebagai pengganti dari jabatan eselon IV pns. Jabatan pengawas bertanggung jawab mengendalikan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pelaksana;(c) jabatan pelaksana sebagai pengganti jabatan fungsional umum PNS. Jabatan pelaksana bertanggung jawab melaksanakan kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan. Promosi jabatan untuk menduduki jabatan administrai dilakukan oleh pejabat pembina kepegawaian setelah mendapat pertimbangan tim penilai kinerja pada unit instansi pemerintah dimana yang bersangkutan bekerja. Dalam pengangkutan jabatan administrasi harus mempertimbangkan syarat kualifikasi,dan kebutuhan instansi pemerintah.

JABATAN FUNGSIONAL

Jabatan fungsional adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang mendasar pada keahlian dan keterampilan tertentu. Jabatan fungsional merupakan kedudukan yang menunjukkan tugas,tanggung jawab,wewenang,dan hak seorang ASN dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaannya tugasnya ddidasarkan pada keahlian atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri. Jabatan fungsional pada hakikatnya adalh jabatan teknis yang tidak tercantum dalam struktur organisasi, namun sangat di perlikan dalam melaksanaka tugas-tugas pokok pada organisasi pemerintah. Jabatan fungsional ASN terdiri atas jabatan fungsional keahlian dan jabatan fungsional keterampilan.jabatan fungsional keahlian adalah keduduka yang menunjukkan tugas yang dilandasi oleh pengetahuan, metodologi dan teknis analisi yang didasarkan atas disiplin ilmu yang bersangkuta dan /atau berdasarkan sertifikasi yang setara dengan keahlian dan ditetapkan berdasarkan akreditasi tertentu. Tingkat jabatan fungsional keahlian terdiri atas pertama,muda,madya,dan utama. Sedangkan jabtan fungsional keterampilan adalah kedudukan yang menunjukkan tugas yang mempegunakan prosedur dan teknik kerja tertentu serta dilandasi kewenangan penanganan berdasarkan sertifikasi yang ditentukan. Tingkatan jabatan fungsional keterampilan terdiri atas pemula , terampil, mahir, dan penyelia.

JABATAN PIMPINAN TINGGI

Jabatan pimpinan tinggi adalah sekelompok jabatan tinggi pada instansi pemerintahan. Jabatan pimpinan tinggi terdiri atas; (a) Jabatan pimpinan tinggi Pratama sebagai pengganti jabatan eselon II di pemerintah pusat dan daerah provinsi / kabupaten/kota/; (b) jabatan pimpinan tinggi madya sebagai pengganti jabatan eselon I di pemerintah pusat dan daerah provinsi; (c) jabatan pimpinan tinggi utama sebagai pengganti jabatan eselon I yang menduduki kepala instansi di pemerintah pusat. Jabatan pimpinan tinggi berfungsi memimpin dan memotifasi setiap pegawai ASN pada instansi pemerintah melalui; (a) kepeloporan dalam bidang keahlian profesional, analisis dan rekomendasi kebijakan, kepemimpinan manajemen; (b) pengembangan kerjasama dengan instansi lain ; (c) keteladanan dalam mengamalkan nilai dasar ASN dan melaksanakan kode etik dan kode perilaku ASN. Untuk setiap jabatan Pimpinan Tinggi bai pratama,madya,dan utama ditetapkan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan,pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan,integritas, serta persyaratan lain yang dibutuhkan.

Pengisian jabatan pimipinan tinggi utama,dan madya pada kementrian kesetariatan lembaga negara,lembaga non strukturan,dan instansi daerah di lakukan secara terbuka dan kompotitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompotensi, kualifikasi,kepangkatan,pendidikan, dan latihan,rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan lain yang di butuhkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.pengisian jabtan pimpinan tinggi utama dan madya tersebut di lakukan pada tingkat nasional. Sedagkan pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lakukan secara terbuka dan kompotitif dari kalangan pegawai ASN dengan memperhatikan syarat kompotensi,kualifikasi,kepagkatan,pedidikanan pelatihan, dan rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan pengisian jabatan tinggi pratama di lakukan secara terbuka dan kopotiitif pada tingkat nasional atau antar kabupaten/kota dalam 1(satu) provinsi.

PENUTUP

Penempatan seorang pegawai ASN pada jabatan ASN maupun mutasi pada jabatan lain ASN perlu di lakukan dengan prinsip merit, artinya harus sesuai pada kualifikasi serta kompotensi yang di miliki oleh pegawai ASN . Pengangkatan dan penetapan pegawai ASN dalam jabatan ASN di tentukan berdasarkan ketentuan objektif antara kualifikasi dan kompetensi pegawai dengan kualifikasi dan kompotensi yang di perlukan untuk jabatan setiap jabatan ASN di kelompokan dalam klasifikasi jabatan yang menunjukkan kesamaan karakteristik mekanisme,dan pola kerja. Sedangkan untuk menggembangkan dan meningkatkan kompotensi pegawai ASN perlu menajemen ASN yang profesional dan terinfegrasi (unified system). Menajemen ASN harus di laksanakan berdasarkan asas merit yaitu adanya pebandingan antara kompetensi, kualifikasi,dan persyaratan yang di butuhkan oleh jabatan dengan kompotensi, kualifikasi, dan persyaratan yang di miliki oleh calon dalam rekrutmen,pengangkatan,penempatan,dan promosi pada jabatan yang sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).untuk mendukung demokrasi yang menerapkan checks and balances di perlukan pejabat ASN yang independen dan apoolitic hal ini di harapkan agar pegawai yang menduduki jabatan ASN dapat menyelengarakan fugsi-fungsi pemerintahan dan pelayanan publik secara profisional kompoten,dan bebas dari intterfensi politik. (Oleh : Ajib Rakhmawanto, Peneliti Pada Pusat Pengkajian dan Penelitian BKN)

Sumber : Buletin BKN Edisi XXIX November 2014 hal : 51-52

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Pemerintah Kabupaten Seruyan

Jalan Ahmad Yani Kuala Pambuang (74212) Kalimantan Tengah
Telp: (0538) 2022213
Email:bkdseruyan@yahoo.co.id

dg